Popular Post

Posted by : Unknown 14 Sept 2015


Apa yang anda pikirkan apabila mendengar kata "humas" atau "public relations"? Seorang sales promotion? Customer Service? Pencari sponsor? Kurir surat? atau yang lainnya. Padahal fungsi dan tugas dari seorang public relations bukanlah seperti itu.
 
Menurut Cutlip dan Center dalam Effendy (2009:116), Public Relations (PR) adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik.
 
Berdasarkan kata-kata Cutlip dan Center diatas, banyak sekali kontribusi yang dapat dilakukan oleh seorang PR. PR mengurusi manajerial dalam perusahaan. Menganalisis kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan apakah cocok dengan publiknya atau tidak. Merencanakan dan membuat suatu program, baik itu yang menghibur maupun program sosial, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap instasi tempat PR itu bekerja.
 
PR adalah muka dari suatu organisasi atau perusahaan. Apabila PR bersikap baik dan ramah maka masyarakat akan menilai perusahaan itu baik. Sebaliknya, PR yang cuek, acuh tak acuh, dan punya kesan sombong maka perusahaannya akan dicap begitu pula.
 
Sebagai mahasiswa banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka peningkatan kompetensi diri di dunia PR. Salah satunya adalah bergabung dengan organisasi PR sebagai contoh Perhumas Muda Yogyakarta (PMY). Perhumas Muda Yogyakarta merupakan organisasi profesi yang bergerak dalam dunia PR. Anda dapat belajar mulai dari dasar PR itu apa dan apa saja pekerjaan yang dilakukan PR. Selain itu, anda akan diajarkan bagaimana seorang PR membuat program-program untuk publiknya, baik publik internal maupun publik eksternal.

Sebagai salah satu anggota dalam PMY, saya merasa mendapatkan lebih banyak ilmu tentang PR disini dibandingkan dibangku perkuliahan. Tidak hanya teori yang kita pelajari tetapi langsung praktek di lapangan. Bagaimana mengkonsepkan sebuah ide untuk membuat acara tentang PR, bagaimana caranya mendapatkan pembicara yang handal dan professional tanpa harus membayar, membuat brief suatu program PR yang bertemakan hari nasional Indonesia atau membuat brief program Corporate Social Responsibility (CSR) tentang suatu perusahaan, dan sebagainya. Anda akan benar-benar mendapatkan gambaran dunia kerja seoran PR nantinya.

Apakah anda puas dengan mempelajari teori-teori tentang PR tanpa merasakan bagaimana prakteknya? Makanya ikutlah organisasi dan praktekkan ilmu-ilmu yang telah anda dapatkan di organisasi tersebut.


Nama: Arif Wicaksana Wijanarko
Panggilan: Arif
NIM: 01312146051

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Menulis - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -